Tuesday, August 30, 2005

Happy Mitoni

Dalam tradisi Jawa, mitoni merupakan rangkaian upacara siklus hidup yang sampai saat ini masih dilakukan oleh sebagian masyarakat Jawa. Kata mitoni berasal dari kata 'am' (awalan am menunjukkan kata kerja) + '7' (pitu) yang berarti suatu kegiatan yang dilakukan pada hitungan ke-7. Upacara mitoni ini merupakan suatu adat kebiasaan atau suatu upacara yang dilakukan pada bulan ke-7 masa kehamilan pertama seorang perempuan dengan tujuan agar embrio dalam kandungan dan ibu yang mengandung senantiasa memperoleh keselamatan.
Quote di atas diambil dari Museum TeMBI. Itu arti sebenernya dari kata MITONI.. sebuah upacara untuk perempuan yang hamil 7 bulan.. biasanya neh, pas upacara mitoni ini ada acara ngerujak.. kalo rujaknya pedes katanya anaknya bakalan cowok... kalo kurang pedes anaknya cewek... bijitu kata tradisi sih...
Apa hubungannya mitoni ama vi3? ada yang tau?

Bonus track: Lagunya Glenn Fredly - Kisah Romantis

Mengejar dirimu takkan ada habisnya
Membuat diriku menggila
Bila hati ini menjatuhkan pilihan
Apapun akan kulewati

Hari ini sayang sangat penting bagiku
Kau jawaban yg aku cari
Kisah hari ini kan ku bagi denganmu
Dengarlah sayang kali ini
Permintaanku padamu

Dan dengarlah sayangku
Aku mohon kau menikah denganku
Ya hiduplah denganku
Berbagi kisah hidup berdua

Cincin ini sayang terukirkan namamu
Begitu juga di hatiku
Hujan warna-warni kata orang tak mungkin
Namun itu mungkin bagiku
Sebuah tanda cintaku

No comments:

Post a Comment

Posting pertama di 2017

What!! udah april aja dan tidak ada postingan di tahun 2017... kebangetan dah... banyak cerita selama 2017 ini... campur aduklah... dah ...