Wednesday, September 28, 2005

Kehidupan Nelayan

Udah ampir seminggu ini vi3 jalan subuh di pantai.. mayan sih buat olah raga karena pasir pantai itu ternyata agag berat juga ditapaki.. energi yang kudu dikeluarkan mungkin 2 kali dibandingkan kalo jalan biasa di aspal gitu.. enak juga jalan subuh di pantai gitu.. dengerin suara debur ombak, membiarkan kaki dijilat air laut, dan yang paling vi3 ama Nda senengin itu pada saat ngeliat nelayan narik jaring ikan...
jadi nelayan-nelayan itu (kira2 5 orang) naek perahu ke tengah laut, sementara di pantai ada 1 orang yang nungguin sambil pegangan tali jaringnya.. trus begitu udah ditengah laut, jaringnya ditebar dan perahunya balik lagi ke pantai.. trus nelayan2 itu narik tali jaringnya.. kegiatan yang paling vi3 senengin itu adalah pas ujung jaringnya (biasanya ditandain pake bola putih) udah nyampe pantai, yang berarti udah bisa diliat apa aja yang jadi hasil jaringan... yang pertama yang pasti itu adalah sampah.. gila aja deh laud udah jadi tempat pembuangan sampah.. setiap vi3 liat hasil jaringan pasti yang terlihat pertama itu sampah2.. sed dah.. sedemikian parahkah laut Indonesia? ini baru laut Banyuwangi, yang masih termasuk daerah gitu lho. apalagi lautnya Jakarta? igh kebayang dah..
nah selain sampah, hasil jaringannya ada ubur2.. bentuknya bulet bening gitu.. trus baru ikan2.. ada udang juga.. trus ada cumi2.. vi3 baru tau lho kalo cumi2 yang baru dijaring dari laut itu warnanya bening.. suer deh vi3 tadi ngeliat cuminya warnanya bening.. gag putih keunguan seperti yang diliat di pasar itu.. ini bening banget..
trus ada ikan kerapu juga.. ada ikan yang bentuknya bulet kek bola... ada ikan yang bentuknya berduri kek duren.. pokoke macem2 deh..
tapi ya tapi nih.. vi3 ngeliat hasil jaringannya itu gag sebanding ama kerja keras ke-6 nelayan itu.. hasil ikan yang bisa dijual keknya kalo dikilo sih gag ada 2 kilo lho.. paling juga 1 1/2 kilo.. kalo dijual misalkan harga per kilonya 10rebu, ya cuman dapet 15rebu sekali jaring.. padahal sekali njaring itu butuh kira2 45 menit-an gitu dan gag mungkin mereka bolak balik melaut untuk njaring..
mungkin hari2 ini lagi musim gag ada ikan.. kasian aja gitu lho nasib mereka kalo emang sehari2 cuman segitu aja hasil jaringannya.. kapan mo makmurnya... betul???

No comments:

Post a Comment

Jelang 2006 2022

ampir 16 tahun sejak 2006 2006... duapuluh juni duaribu enam... banyak duka, tapi lebih banyak sukanya... satu untuk selamanya..  lelaki heb...