Thursday, October 06, 2005

vi3 vs mahasiswa

ini lanjutan cerita yang kemarin.. kali ini vi3 mo cerita gimana vi3 berinteraksi ama mahasiswa vi3.. terus terang vi3 bukan tergolong dosen killer.. tapi vi3 termasuk dosen yang pelit nilai.. bukan pelit sih, tapi vi3 mencoba obyektif aja.. kalo emang mahasiswanya pinter ya dapet nilai bagus, kalo ngepas ya dapat nilainya ngepas juga.. jadi bukannya kalo ada mahasiswa ganteng atau mahasiswi cantik, vi3 kasih nilai bagus, kalo kurang ganteng dan kurang cantik nilainya jelek.. ya ndak gitu, meski vi3 pernah ngerasain dapet perlakuan seperti itu waktu vi3 masih kuliah dulu.. dan tragisnya vi3 masuk ke golongan nilai jelek.. poor me! huehehehe... *ups* sorry dosen yang vi3 omongin ini udah meninggal.. *punten, pak*
Ngomong2 masalah nilai, vi3 pernah diprotes ama mahasiswa vi3 karena ngasih nilai E ke dia.. lha vi3 mah realistis aja deh, tuh mahasiswa ga pernah masuk kuliah sekalipun dan tugas juga gag pernah ngumpulin... tapi anehnya UTS dan UAS ada nilainya.. mahasiswa siluman toh kalo kek gitu.. ya jelas vi3 langsung kasih E. liad orangnya aja gag pernah masa mo keluar nilai.. dia keukeuh minta nilai karena katanya dia tuh kerja di luar kota.. lha kalo kerja diluar kota ya mbok cuti atau ikutan kelas khusus (kelas Sabtu dan Minggu buat mahasiswa yang kerja). Trus dia ngadu ke om-nya yang bawa masalah ini ke dekan... langsung aja vi3 ngadep ke dekannya dan untunglah dekan ndukung vi3. ya jelaslah pak dekannya ga mau lembaganya namanya rusak karena dosennya gampang kasih nilai..
trus hubungan vi3 ama mahasiswa vi3 bisa dibilang kek temen.. dulu kalo di UNPAR, karena vi3 dosen tetap, jadi tiap hari khan standby di kampus, nah vi3 jadi deket ama mahasiswa.. ruang kerja vi3 sering didatengin mahasiswa.. gag cuman nanyain materi kuliah or diskusi, tapi yang cuman ngobrol aja juga ada.. kadang vi3 ke ruangan himpunan mahasiswa.. ngajakin ngobrol.. ya gitu deh.. hubungannya deket...
sama yang sekarang juga vi3 berusaha deket ama mahasiswa... vi3 tau kuliah yang vi3 pegang itu gag mudah, jadi jangan sampe mereka takut duluan ama dosennya.. ntar berpengaruh ama niad dan minat mereka untuk belajar.. ilfil duluan gitu kalo dosennya gag enakeun.. gituh..
dan karena kuliah vi3 ini banyak ngitungnya jadi vi3 bisa kasih latihan soal di kelas, nah pada saat mereka ngerjakan soal itu, vi3 biasanya keliling kelas, ngeliatin mereka kerja sambil vi3 tanya2 ke satu2 mahasiswa udah ngerti apa yang vi3 sampaikan atau belum, kalo mereka bilang belum, vi3 tanya gag ngertinya dimana, trus vi3 terangin lagi sampe mereka ngerti... soalnya khan kadang2 mahasiswa itu suka segen kalo pas dosen nerangin trus dosennya tanya ada pertanyaan apa tidak, biasanya gag ada yang tanya.. mangkanya vi3 coba pendekatan personal kek gitu.. jadi yang malu bertanya menjadi tidak malu lagi..
ada hal yang bikin idung vi3 kembang kempis.. waktu vi3 dulu keluar dari UNPAR untuk pindah ke Banyuwangi, mahasiswa vi3 banyak yang menyayangkan.. setelah vi3 setahun pindah dan maen ke UNPAR, ama mahasiswa, vi3 disuruh ngajar lagi, karena dosen pengganti mata kuliah vi3 gag enak ngajarnya.. hihiihihii.. bangga juga deh dipercaya ama mahasiswa kek gitu.. trus kemarin pas vi3 ke Bandung, temen sesama dosen ada yang bilang, kalo hand out mata kuliah vi3 banyak dicari mahasiswa, padahal vi3 khan dah ga ngajar lagi di situ, tapi hand out vi3 masih jadi bahan acuan.. hueehehehe...
ada juga hal yang bikin idung vi3 kembang kempis di UNTAG ini, yaitu ada mahasiswa yang udah ambil matakuliah yang vi3 pegang semester ini dan mendapat nilai A, tapi sekarang ngulang lagi matakuliah itu karena sekarang vi3 yang ngajar.. dulu waktu dia dapet A, dosen lain yang ngajar bukan vi3... baru semester ini vi3 ngajar matakuliah itu.. katanya sih soalnya Ibu Yovita yang ngasih kuliah, jadi saya mau ngulang mata kuliah itu meski dulu udah dapet A. Bener-bener mahasiswa teladan... ngulang cuman karena mau cari ilmu..

ya gitu deh cerita2 vi3 ttg kerjaan vi3 sebagai dosen.. besok2 vi3 ceritain kerjaan vi3 sebagai OP warnet yak.. tunggu-in ajah.. sorry kalo postingan yang ini kepanjangan.. heheheehe...

No comments:

Post a Comment