Tuesday, November 22, 2005

Antara Aku, Saya dan Gue/Gua

vi3 tergelitik untuk nulis ttg ini, setelah melihat tayangan infotaiment pada saat mewawancarai artis dan juga vi3 pernah baca di postingan Mbak Rieke ttg Aku.. lupa postingan kapan..
Nah gini nih.. kalo persamaan antara aku, saya dan gue or gua mah pasti dah pada tau ya.. khan dulu di SD dah diajarin tuh kata ganti orang pertama.. Tapi yang diajarin di sekolah dulu itu keknya sih cuman Aku or Saya ya.. keknya Gue gag mungkin deh diajarin disekolah...
Trus, perbedaannya di mana tuh? kalo vi3 pribadi sih, menggunakan tiga kata itu sebagai pengganti orang pertama dengan perbedaan sebagai berikut:
Aku: vi3 pake aku, kalo vi3 ngobrol ama temen2 Banyuwangi dan temen kuliah di Jogja dulu.. karena vi3 sering pake bahasa Jawa kalo di Banyuwangi, jadinya vi3 ya ber-aku-aku kalo ngomong ama mereka..


Saya: yang ini vi3 pake kalo vi3 berbicara ama orang yang lebih tua, dan orang yang baru kenal. Kesannya kalo saya itu sopan..


Gua/Gue: lha ini dipake kalo vi3 ngobrol ama temen2 se-genk Srimulat (karena kebanyakan mereka anak Jakarta) trus ama temen2 kuliah Sydney dulu dan ama temen2 kerja (yang seumuran/lebih kecil umurnya) pas di UNPAR.. oh satu lagi, kalo ngobrol ama mantan temen SMA di Bandung..

Trus, sekarang nih vi3 lagi empet liat si Agnes Monica pas diwawancara ama SCTV beberapa hari lalu. acaranya bukan infotaiment, tapi wawancara di Liputan6 pagi gitu deh.. si pewawancara pake "Saya" dan Agnes menjawab dengan "Aku".. sed dah... kok vi3 gag sreg ya? mungkin menurut beberapa orang hal ini gag masalah ya.. tapi bagi vi3 yang dengerin.. ihhh. kuping serasa digelitikin setiap Agnes ngomong dengan "Aku"... kok ya seperti tidak menghargai si pewawancara gitu..

menurut kalian gimana neh? sopan atau nggak seh kalo kita pake "Aku" ke orang yang lebih tua atau pada acara resmi?

No comments:

Post a Comment

Posting pertama di 2017

What!! udah april aja dan tidak ada postingan di tahun 2017... kebangetan dah... banyak cerita selama 2017 ini... campur aduklah... dah ...