Friday, November 03, 2006

Seblang

vi3 mo cerita neh ttg salah satu kesenian tradisional Osing... Namanya SEBLANG... semacam tarian yang rutin digelar beberapa hari setelah hari raya Idul Fitri. Penarinya harus perawan dan pas nari itu dia gag sadar diri...
sekian taun di Banyuwangi, vi3 baru liat SEBLANG beberapa hari lalu. banyak juga yang nonton.. diadakan di desa Olehsari.. kira-kira 5 kilo dari Banyuwangi ke arah barat.
Penarinya masih kecil... dalam kondisi ga sadar diri, dia menari diiringin ama gamelan musik khas Banyuwangi... yang vi3 liat, kalo musiknya berenti, penarinya berenti nari, tapi pas gamelannya mulai bunyi, kepala penarinya langsung goyang-goyangin kepala dan tangannya.. matanya merem gitu... ada saat dia tuh naik panggung dan ngelempar selendang ke arah penonton.. nah penonton yang kena selendang itu HARUS dan WAJIB naik ke panggung dan ikutan menari.. konon katanya kalo gag mau naik panggung, si penarinya bakalan marah... kemarin ada bule yang kena selendang, nari deh dia... lucu juga gerakannya pas dia nari... aneh gitu...
di lokasi tarian itu kental sekali aroma kemenyan.. mungkin itu untuk mempertahankan supaya si penari tetap tidak sadarkan diri...
Photobucket - Video and Image Hosting

Photobucket - Video and Image Hosting


Itu salah satu kesenian dari daerah Banyuwangi.. ada lagi satu adat Osing dalam rangka hari Raya Idul Fitri, yakni PUTER KAYUN.. kalo yang ini adalah adat yang dilaksanakan oleh masyarakat desa Boyolangu, di mana rata-rata masyarakatnya berprofesi sebagai tukang delman. Dalam Puter Kayun ini, masyarakat Boyolangu beramai-ramai naik delman ke pantai Watudodol.. jarak dari desa Boyolangu ke pantai Watudodol kira-kira 20 km.

kalo di daerah temen2 ada gag acara adat dalam rangka hari Idul Fitri? bagi cerita donk...

Met wiken semuanya...

No comments:

Post a Comment

Posting pertama di 2017

What!! udah april aja dan tidak ada postingan di tahun 2017... kebangetan dah... banyak cerita selama 2017 ini... campur aduklah... dah ...