Wednesday, October 03, 2007

Pasar Senggol

Di Banyuwangi ada suatu kebiasaan, kalo udah mau masuk minggu ke-3 bulan Ramadhan, selalu ada pasar senggol. Pasar senggol sendiri dikatakan demikian, soalnya para pedagangnya deket2an posisinya dan jalan yang dilewatin pengunjung sempit, jadinya kalo jalan pasti senggolan ama orang lain. Mangkanya namanya pasar senggol.
Macam dagangannya banyak banget dah.. dari urusan perut yang berupa bahan mentah sampe hasil jadinya, trus urusan penampilan, dari penutup kepala sampe alas kaki. Trus ada juga permainan2 anak2nya.. yang jelas, jalanan di depan pasar ditutup... Ga siang ga malem, pasar senggolnya pasti penuh manusia.. lebih-lebih kalo malem.. wah makin rame ajah dah.. palagi dah mo deket lebaran gini.. biasanya khan dah pada dapet THR tuh.. pada belanja deh...

Dari kecil, vi3 seneng ama suasana malam takbiran.. seneng ajah.. ikut dengan keriaan orang yang mo nyambut lebaran. dulu waktu vi3 SD, waktu tv-nya masih TVRI doang, vi3 ga pernah ngelewatin acara operet PAPIKO yang dikomandanin ama Titiek Puspa... temanya ganti2 tiap tahun... sekarang dah ga ada lagi.. soalnya dah banyak banget stasiun TV yang menggelar acara malam takbiran.. jadi lebih banyak pilihan...
Trus vi3 inget pas vi3 SMP kelas 1, vi3 ikutan takbir keliling jalan kaki ama temen2 sekelas.. jadi waktu itu sekolah vi3 ngadain lomba takbir keliling tiap kelas.. vi3 meskipun, non muslim, ikutan juga.. karena waktu itu vi3 njabat ketua kelas.. hihihii.. ya sebagai pemimpin yang baik, khan kudu ngasih contoh ke temen2... kelas vi3 cuman ngemodal tape compo ama kaset takbir doang. Kakak kelas ada yang bawa bedug dibawa pake becak... tapi meski kelas vi3 modalnya paling irit, tapi kelas vi3 berhasil jadi juara 2 lho.. waktu itu kelas vi3, kalo ngelewatin orang yang sekiranya juri, kami ngumandangin takbir sekenceng2nya.. pokoke semangat 45 dah.. mungkin karena semangatnya ini jadinya kelas vi3 juara...

ya gitu deh, ceritanya.. met nyiapain lebaran buat temen2...

No comments:

Post a Comment

Posting pertama di 2017

What!! udah april aja dan tidak ada postingan di tahun 2017... kebangetan dah... banyak cerita selama 2017 ini... campur aduklah... dah ...