Tuesday, December 11, 2012

Empek-Empek



Sabtu kemarin pengen banget makan mpek2.. trus coba beli ke tempat yang biasa vi3 dulu beli... tapi ternyata udah ga enak... 
trus tadi pagi ke pasar, liat ada ikan barakuda.. kata yang jual biasanya yang jualan mpek2 itu ga pake ikan tengiri tapi pake ikan barakuda.. jadi deh vi3 beli ikan barakuda ajah.. nyoba2 bikin mpek2...
trus langsung juga vi3 search resep mpek-mpek.. dan dapat.. vi3 comot resepnya dari website ini.
tapi vi3 modifikasi dikit... sesuai selera vi3... dan vi3 cuman buat yang lenjer ama bentuk bulat.. ga bikin yang kapal selam.. 

Resepnya gini:
Bahan A:
1 1/2 sdm tepung terigu
150 cc air
2 sdm garam
2 sdt gula
3 siung bawang putih, dihaluskan
2 sdm minyak goreng

Bahan B:
1/2 kg fillet ikan tengiri (kalo vi3 sih ikan barakuda) dihaluskan, kemudian masukkan ke kulkas selama 30 menit
100 cc air es
1 butir telur dikocok lepas

Bahan C:
400 gram teoung sagu tani

Air untuk merebus
minyak goreng secukupnya

Pelengkap:
Cuko
Mie kuning
timun dipotong kotak kecil

Cara Membuat:
1. Bahan A: campur terigu, garam, gula, bawang putih dan air. rebus diatas api kecil sampai mengental. angkat dan masukkan minyak goreng. dinginkan kemudian masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit.
2. Keluarkan ikan yang telah dimasukkan ke kulkas, kemudian campur dengan telur dan air es. aduk dengan tangan.
3. Masukkan sagu tani sedikit sedikit. uleni hingga kalis.
4. Rebus air yang ditambahkan minyak goreng hingga mendidih. bentuk adonan ikan sesuai selera (kalo vi3 sih bulat dan lonjong), kemudian masukkan ke rebusan air. masak hingga adonan mengambang. angkat. dinginkan.
5. Goreng mpek2 hingga kecoklatan. Potong-potong. Lengkapi dengan cuko, timun dan mie kuning.
6. vi3 sih sukanya mpek2 lenggang, jadi perlu 1 butir telur lagi, dikocok lepas diberi garam dan mrica, masukkan potongan mpek2 yang telah digoreng ke dalam telur, kemudian didadar. jadi deh...

Cara Membuat Cuko:
Gula aren
asem jawa
bawang putih dihaluskan
garam
cabe rawit dihaluskan
air
ebi dihaluskan
cuka masak

Rebus gula aren, asem jawa, dan air hingga gula larut. angkat dan saring. Masukkan bawang putih dan cabe rawit yang telah dihaluskan, garam. Rebus kembali hingga mendidih kemudian masukkan ebi halus dan cuka.


Setelah jadi, vi3 bawa ke kampus.. buat Bu Enis ama TU.. aseeekkkk mereka suka... orang rumah juga suka... sukurlah.. ga sia2 neh.. lain kali bikin lagi aahh...

No comments:

Post a Comment

Posting pertama di 2017

What!! udah april aja dan tidak ada postingan di tahun 2017... kebangetan dah... banyak cerita selama 2017 ini... campur aduklah... dah ...