Sunday, November 17, 2013

Banyuwangi Beach Jazz Festival #BBJF

Tanggal 16 Nopember 2013, untuk yang kedua kalinya vi3 nonton Banyuwangi Jazz Festival, yang tahun ini judulnya Banyuwangi Beach Jazz Festival. Sebuah konser jazz yang dihelat oleh Pemkab Banyuwangi dalam rangka HUT Kota Banyuwangi. Kalau tahun lalu kegiatan jazz ini dilaksanakan di Gesibu Blambangan dan gratis, tahun ini konsernya dihelat di tepi pantai dan bayaarrrr... Pengisi acaranya kalo tahun lalu itu Syaharani, Rika Rooslan dan Reza, juga Riza Arshad... Nah tahun ini ada juga Syaharani ditambah dengan Trio Lestari (Sandi Sundoro, Tompi ama Glenn Fredly)... Si Glenn ini yang bikin vi3 semangat nonton.. 12 tahun lalu, vi3 nonton konser mininya di Bandung... ah begitu cepat waktu berlalu ternyata....
Acara Jazznya dimulai jam 3 sore (yang tercantum di tiketnya).. tapi ternyata kata Ci Ana yang datang jam 3, panitiannya belum siap jam segitu.. acara baru dimulai jam 4.. vi3 mah jam 5-an baru datang karena kudu ikutan rapat dulu di kampus... untuk masuk ke arena konser, kudu pake gelang yang bisa nyala.. (hahahhaahaha kamseekk banget)...
awalnya yang tampil adalah band-band jazz lokal.. tapi okey juga... baru jam 7-an Syaharani membuka acara.. seperti biasa dengan gaya yang enerjik, Syaharani menyapa penonton.. vi3 sangat mengapresiasi ketika Syaharani berkolaborasi dengan Mbok Temuk (Gandrung legendaris Banyuwangi) menyanyikan lagi Petetan... wiiihhh kolaborasi yang indah antara musik modern dengan musik tradisional... Padu banget harmoninya... Good One!!
Oya MC-nya Gading Marten... dengan gaya kocaknya Gading menyapa penonton.. berjalan menghampiri penonton dan berinteraksi dengan penonton, sehingga suasana jadi cair... sippp pokoknya...
Nah akhirnya yang ditunggu2 nyanyi juga... diawali dengan lagi Ulan Andung-Andung, yang merupakan lagu daerah Banyuwangi yang dinyanyikan oleh Glenn (suaranya sih suara Glenn, tapi ga ada orangnya keliatan nyanyi, cuman suaranya aja yang kedengaran)...
abis gitu Tompi nyanyi lagu2 hitsnya dilanjut Glenn dan Sandi Sandoro... udah berasa ruang karaoke masal aja deh itu arena konser.. penonton nyanyi bersama... :) penampilan ketiganya diakhiri dengan menyanyi bersama lagunya Cherrybells (You are Beautiful), Iwan Fals (Bento), dan lagu baru mereka Gelora Cinta yang katanya baru mo rilis tahun 2014.. dan udaaaaahhh.....
Ending yang kurang klimaks menurut vi3.. kurang greget seperti tahun lalu.. dimana tahun lalu Rika Rooslan mengajak penonton semua menari bersama dan acara diakhiri dengan adanya kembang api...

apapun endingnya, pokoknya vi3 udah puas liat Glenn secara live lagi.... sampai jumpa di Banyuwangi Jazz Festival 2014 deh... vi3 pasti nonton lagi...

Friday, November 15, 2013

Sumbermulyo Lima.... KITA BISAAAAAAAA!!!!!!

Yups... vi3 ditempatkan di SDN 5 Sumbermulyo, Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi di acara KELAS INSPIRASI BANYUWANGI (@KI_Banyuwangi).
asal muasalnya vi3 bisa ikutan kelas inspirasi ini adalah karena tag dari temen kuliah vi3 dulu, Bapak Hikmat Hardono yang ternyata menjadi Direktur Kelas Inspirasi ini.. Baru kali ini kelas inspirasi dilaksanakan di Banyuwangi. Beda dengan kota besar lain yang telah melaksanakannya dua tiga kali.
vi3 ditempatkan di SD ini bersama dengan mbak Iraa, jurnalis Kompas, yang sangat luar biasa staminanya.... salud deh buat mbak ira..
eh ada juga Dafiq, pesulap yang masih berstatus mahasiswa... kami bertiga ditemani dengan fasilitator Eva (mahasiswa Poliwangi) dan Dyna (mahasiswa ITS) serta fotografer Dini dan Alda yang keduanya juga mahasiswa dan juga 2 videografer dadakan yang vi3 paksa buat ngikut karena ga ada yang jadi videografer di SD vi3, yaitu Ragil ama Jaka (keduanya temen kerja di fakultas)...
kami ber-9 bahu membahu memberikan inspirasi kepada anak2 SD..

Sebelum hari H, waktu itu hari Sabtu, 9 Nopember 2013, vi3, mbak ira, eva, ragil ama jaka survey lokasi.. tempatnya lumayan jauh dari Banyuwangi kota.. ada 2 jamlah sampe ke sana.. waktu survey ga ada kepala sekolahnya. ketemu ama guru2 dan murid2nya... ga sabar nunggu hari H-nya waktu itu..

Hari H, tanggal 11 Nopember 2013 hari Senin, subuh2 dianter Nda ke SD-nya...vi3 ga punya bayangan mo ngajar apa, tapi vi3 persiapan mo bikin celengan bareng anak2... berhubung vi3 ga bisa ngomong ama anak2 jadi rada2 bingung ajah.. kebiasaan vi3 khan ngajar ke mahasiswa.. kalo ke mahasiswa khan lebih mudah sepertinya daripada ke anak2...
nyampe di SD-nya udah ada mbak ira ama dafiq... anak2 masih belum banyak yang datang... jadi kami persiapan aja dulu.. sambil nunggu guru-gurunya datang. jam 7-an udah ngumpul buat upacara bendera.. vi3 bener2 terharu ikutan upacara bendera di situ.. meski tiap tanggal 1 juni dan 17 Agustus di kampus ada
upacara, tapi upacara kali ini beda banget.. jadi inget waktu masa sekolah vi3... yang bikin mbrebes mili adalah waktu pengibaran bendera yang diiringi dengan lagu Indonesia Raya dimana semua peserta upacara ikut menyanyikannya.. wiiihh bikin berdiri bulu kuduk vi3...
kelar upacara foto bareng dulu.. trus pembagian asesoris dan pembagian kelas serta ice breaking dulu dipimpin ama mbak ira.. dan diakhiri dengan menulis cita-cita dan nempelin di papan harapan..
baru kemudian kami bagi kelas... vi3 ngajar kelas 4-6 dulu dan mbak ira kelas 1-3.
setelah udah di kelas, vi3 awali kegiatan dengan senam dulu... trus cerita profesi vi3.. vi3 tanya ada yang tau




dosen itu apa? ada yang ga tau, tapi ada yang tau dan bilang kalo dosen itu GURU KULIAH... ya beneeeerrrrrr.....
dan vi3 ampir mata gaya!!! gegara vi3 bingung mo ngomong apalagi... vi3 ajak nyanyi aja deh.. trus ketika udah bener2 mati gaya vi3 ajak mereka bikin celengan!! MODUS bener dah.. hahahahahaha...
45 menit berbagi dengan mereka.. trus balik lagi ke ruang pemimpi... makan pagi bersama... trus bagi kelas lagi.. tapi vi3 ama dafiq ngajak anak2 kelas 1-3 outbound aja di luar.. maen2..
trus ngumpul lagi di ruang pemimpi dan nonton sejenak dan mereka disuruh ngegambar cita-cita mereka untuk diterbangin bersama balon-balon...
di akhir acara, kami pamitan.. ih sedih banget deh.. mereka semangat banget.. gembira sekali... bikin terharu deh pokoknya.. mana gurunya ada yang nangis terharu gitu pula..

sayang vi3 ga bisa ikutan refleksi setelah acara berlangsung, vi3 kudu balik ke Banyuwangi... tapi ga apalah.. banyak sekali pelajaran yang vi3 ambil dari kegiatan kelas inspirasi... terima kasih buat semua pihak yang ikut membantu terlaksananya kegiatan ini.. kalo ada lagi, vi3 mo ikutan lagi ahh.. dengan persiapan yang lebih matang tentunya,.. biar ga mati gaya lagi... hahaaaayyy...


SUMBERMULYO LIMA.... KITA BISAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!

Posting pertama di 2017

What!! udah april aja dan tidak ada postingan di tahun 2017... kebangetan dah... banyak cerita selama 2017 ini... campur aduklah... dah ...