Friday, November 15, 2013

Sumbermulyo Lima.... KITA BISAAAAAAAA!!!!!!

Yups... vi3 ditempatkan di SDN 5 Sumbermulyo, Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi di acara KELAS INSPIRASI BANYUWANGI (@KI_Banyuwangi).
asal muasalnya vi3 bisa ikutan kelas inspirasi ini adalah karena tag dari temen kuliah vi3 dulu, Bapak Hikmat Hardono yang ternyata menjadi Direktur Kelas Inspirasi ini.. Baru kali ini kelas inspirasi dilaksanakan di Banyuwangi. Beda dengan kota besar lain yang telah melaksanakannya dua tiga kali.
vi3 ditempatkan di SD ini bersama dengan mbak Iraa, jurnalis Kompas, yang sangat luar biasa staminanya.... salud deh buat mbak ira..
eh ada juga Dafiq, pesulap yang masih berstatus mahasiswa... kami bertiga ditemani dengan fasilitator Eva (mahasiswa Poliwangi) dan Dyna (mahasiswa ITS) serta fotografer Dini dan Alda yang keduanya juga mahasiswa dan juga 2 videografer dadakan yang vi3 paksa buat ngikut karena ga ada yang jadi videografer di SD vi3, yaitu Ragil ama Jaka (keduanya temen kerja di fakultas)...
kami ber-9 bahu membahu memberikan inspirasi kepada anak2 SD..

Sebelum hari H, waktu itu hari Sabtu, 9 Nopember 2013, vi3, mbak ira, eva, ragil ama jaka survey lokasi.. tempatnya lumayan jauh dari Banyuwangi kota.. ada 2 jamlah sampe ke sana.. waktu survey ga ada kepala sekolahnya. ketemu ama guru2 dan murid2nya... ga sabar nunggu hari H-nya waktu itu..

Hari H, tanggal 11 Nopember 2013 hari Senin, subuh2 dianter Nda ke SD-nya...vi3 ga punya bayangan mo ngajar apa, tapi vi3 persiapan mo bikin celengan bareng anak2... berhubung vi3 ga bisa ngomong ama anak2 jadi rada2 bingung ajah.. kebiasaan vi3 khan ngajar ke mahasiswa.. kalo ke mahasiswa khan lebih mudah sepertinya daripada ke anak2...
nyampe di SD-nya udah ada mbak ira ama dafiq... anak2 masih belum banyak yang datang... jadi kami persiapan aja dulu.. sambil nunggu guru-gurunya datang. jam 7-an udah ngumpul buat upacara bendera.. vi3 bener2 terharu ikutan upacara bendera di situ.. meski tiap tanggal 1 juni dan 17 Agustus di kampus ada
upacara, tapi upacara kali ini beda banget.. jadi inget waktu masa sekolah vi3... yang bikin mbrebes mili adalah waktu pengibaran bendera yang diiringi dengan lagu Indonesia Raya dimana semua peserta upacara ikut menyanyikannya.. wiiihh bikin berdiri bulu kuduk vi3...
kelar upacara foto bareng dulu.. trus pembagian asesoris dan pembagian kelas serta ice breaking dulu dipimpin ama mbak ira.. dan diakhiri dengan menulis cita-cita dan nempelin di papan harapan..
baru kemudian kami bagi kelas... vi3 ngajar kelas 4-6 dulu dan mbak ira kelas 1-3.
setelah udah di kelas, vi3 awali kegiatan dengan senam dulu... trus cerita profesi vi3.. vi3 tanya ada yang tau




dosen itu apa? ada yang ga tau, tapi ada yang tau dan bilang kalo dosen itu GURU KULIAH... ya beneeeerrrrrr.....
dan vi3 ampir mata gaya!!! gegara vi3 bingung mo ngomong apalagi... vi3 ajak nyanyi aja deh.. trus ketika udah bener2 mati gaya vi3 ajak mereka bikin celengan!! MODUS bener dah.. hahahahahaha...
45 menit berbagi dengan mereka.. trus balik lagi ke ruang pemimpi... makan pagi bersama... trus bagi kelas lagi.. tapi vi3 ama dafiq ngajak anak2 kelas 1-3 outbound aja di luar.. maen2..
trus ngumpul lagi di ruang pemimpi dan nonton sejenak dan mereka disuruh ngegambar cita-cita mereka untuk diterbangin bersama balon-balon...
di akhir acara, kami pamitan.. ih sedih banget deh.. mereka semangat banget.. gembira sekali... bikin terharu deh pokoknya.. mana gurunya ada yang nangis terharu gitu pula..

sayang vi3 ga bisa ikutan refleksi setelah acara berlangsung, vi3 kudu balik ke Banyuwangi... tapi ga apalah.. banyak sekali pelajaran yang vi3 ambil dari kegiatan kelas inspirasi... terima kasih buat semua pihak yang ikut membantu terlaksananya kegiatan ini.. kalo ada lagi, vi3 mo ikutan lagi ahh.. dengan persiapan yang lebih matang tentunya,.. biar ga mati gaya lagi... hahaaaayyy...


SUMBERMULYO LIMA.... KITA BISAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!

2 comments:

Bright Didi said...

Wah keren Bu, saya mau dong kapan-kapan diajak :D

vi3 said...

sipp.. ntar dikabari kalo ada lagi.. btw, kok gabisa komen ya di blognya?

Post a Comment

Posting pertama di 2017

What!! udah april aja dan tidak ada postingan di tahun 2017... kebangetan dah... banyak cerita selama 2017 ini... campur aduklah... dah ...