Sunday, October 30, 2005

List Sembilan Bulan

Bulan 0: Proklamasi di Pondok Boga, Ketapang 12.30PM ..."Bersedia gag, menjadi bagian dari keluarga besar Paliama?"...
Bulan 1: Kenalan ama Mom dan Mom kurang setuju ..."Seteguh apapun batu karang, jika setiap hari ditetesi air, akan berlubang juga"...
Bulan 2: Ngasih tau ke keluarga besar Paliama ..."Biarlah semuanya berjalan melalui sebuah proses... Melalui proses kita akan belajar menjadi dewasa"...
Bulan 3: Go Public ke orang-orang gereja ..."Terima kasih Tuhan, karena tanganMu memeluk erat daku.Terima kasih atas kurniaMu. Terima kasih, Karena Engkau telah menghadirkan dia yang mencintaku"...
Bulan 4: He gave me a ring ..."ibarat cincin, cintaku adalah cinta yang tiada berujung... cinta yang tak akan pernah berakhir"...
Bulan 5: Lampu hijau dari Mom ..."Batu karang itu telah berlubang, karena aku terus menerus meneteskan air ke atasnya"...
Bulan 6: Pelabuhan Penyebrangan Ketapang ..."Aku berjanji bukan hanya untukmu.. Tapi janji untuk diriku juga dan Tuhan... itu lebih berat daripada aku janji hanya untuk kamu"...
Bulan 7: Marriage Proposal ..."Aku akan selalu menjaga dan melindungimu hingga akhir hayat"...
Bulan 8: Buat perencanaan kasar buat 20062006 ..."Kita berencana namun kita pasrahkan semuanya kepada rencana Tuhan. Banyak-banyak berkomunikasi dengan Tuhan agar Tuhan dapat dengar apa yang kita mau"...
Bulan 9: Menyongsong fajar di pantai Pulau Santen.. nyaris tiap hari ..."Cari rumah deket pantai yuk"...

...can't wait 'til 20062006...

Saturday, October 29, 2005

Papa Ating

Image hosted by Photobucket.comNamanya Martin Frederik Karel Paliama... panggilannya Ating.. kalo vi3 manggilnya Papa Ating... beliau ini papanya Nda... hari ini beliau tepat 85 tahun.. udah berumur sekali ya... lahir di Saparua tahun 1920... sejak tahun 1950-an merantau ke Banyuwangi.. kerja di perusahaan pelayaran selama berpuluh2 tahun sampai pada akhirnya pensiun dan mulai mengabdikan diri sebagai guru di beberapa sekolah menengah atas... dan beberapa tahun lalu mengalami stroke yang menyebabkan beliau harus berhenti bekerja.. tahun 2002, beliau harus merelakan istrinya yang sangat dicintainya kembali ke pangkuan Bapa di Surga.. Nda cerita, bagaimana Papa sangat menyayangi Mama, dimanapun berada selalu dipeluk dan dicium.. ah betapa bahagianya Mama memiliki seorang pria yang sangat mencintai dirinya... Semoga Nda nurun sifat papanya ya..

...Selamat Ulang Tahun, Papa Ating...

Friday, October 28, 2005

Hari ini hari apa ya?

Hari ini hari apa ya? hari Jumat? jelas itu mah.. sekarang tanggal brapa? hmmm bentar liat tanggal di bawah tempat ngisi postingan ini.. oalah tgl 28 Oktober 2005 ya.. perasaan tgl 28 oktober tuh hari nasional yak... masih inget ga hari apaan?
pasti ada yang lupa deh.. hayoo ngaku...
hari ini tuh hari Sumpah Pemuda... 77 taon lalu neh, pemoeda pemoeda Indonesia yang terdiri dari Jong Java, Jong Sumatra, Jong Celebes, trus Jong apa lagi pada ngoempoel untuk membicarakan tentang pergerakan Indonesia... vi3 mah kebayang ya dulu itu khan sistem transportasi belum secanggih sekarang, pastinya mereka yang dateng ke Jakarta itu pada pake kapal laut yang makan waktu berhari2 bahkan berminggu2 kale.. tapi mereka semangad demi bangsa...

..bangun pemudi pemuda Indonesia,
lengan bajumu singsingkan untuk negara...
masa yang akan datang kewajibanmulah...


masih pada inget gag lagu itu? kalimat selanjutnya apaan ya? vi3 kok agag-agag lupa.. menjadi tanggunganmu terhadap nusa 2X .. bener gag lanjutannya gitu? beuuhh.. memalukan sekali vi3 ini ya.. duh punten, para pendiri Indonesia.. o, ya, ada lho temen yang salah2 pas nyanyi lagu Indonesia Raya...
di antara yang baca postingan vi3 ini ada yang ga bisa nyanyi lagu kebangsaan Indonesia gag? atau untuk lagu2 nasional, masih inget gag syair-syairnya? mari kita jujur-jujuran...

Thursday, October 27, 2005

Ulang Taun...

Image hosted by Photobucket.com


Hari ini giliran kakak vi3 yang kedua yang ultah... vi3 doakan semoga penyakit gulanya nggak sering2 kumat... dan semoga cepet gede badannya.. Tuhan memberkati...

Wednesday, October 26, 2005

Met Ultah Bibin

Satu lagi keponakan vi3 ultah... Happy B'day Bibin... keponakan yang paling deket ama vi3...

Image hosted by Photobucket.com

Tuesday, October 25, 2005

Sepenggal Kisah Tentang Dia

"Jadi mau kamu apa?" tanya lelaki itu sambil merenggut muka Dia dengan tangan kirinya sedangkan tangan kanan lelaki itu mengepal seperti hendak memukul muka Dia.

"Aku hanya ingin kamu jujur.. itu aja," Dia menjawab sambil berusaha melepaskan diri dari renggutan lelaki itu untuk memunguti pecahan lensa kacamatanya yang berantakan di lantai.

Kejadian ini telah 2 kali diterimanya... Mukanya direnggut oleh lelaki itu hingga kepalanya menempel ke tembok.. Dan setiap kali itu terjadi, kacamatanya jatuh dan pecah... Sakit fisik itu jelas Dia rasakan, karena lelaki yang dicintainya dengan tulus itu memiliki badan yang lebih besar daripada Dia.. Namun sakit fisik yang Dia dirasakan tidak sebanding dengan rasa sakit yang sangat menusuk hatinya...

"Dug", terdengar suara pukulan tangan kanan lelaki itu ke tembok...
Dia hanya bisa diam dan menangis... Dia sudah sangat menderita oleh kelakuan lelaki itu, Dia ingin melepaskan diri dari lelaki itu.. bukan karena Dia sudah tidak cinta, tetapi Dia lebih cinta dengan dirinya sendiri.. Namun, Dia tidak memiliki keberanian untuk meninggalkan lelaki itu...

...to be continued... someday...

Monday, October 24, 2005

Siapakah Aku?

Itu topik kebaktian pemuda kemarin.. mayan banyak yang datang kemarin.. Pelayan Firmannya pendeta tamu dari Denpasar... asik juga, orangnya masih muda, jadinya bisa masuk ke pemuda...
metode kebaktiaannya kemarin sharing.. jadi kami dibagi berdua-berdua, dan kemudian kami harus menilai kebaikan dan keburukan pasangan kita... vi3 kebagian pasangan ama Jeffri.. vi3 kurang gitu akrab sih, jadinya rada bingung2 juga kasih penilaian ttg dia... vi3 nulis kebaikan Jeffri lebih banyak daripada keburukannya... waktu disharingkan, dimana setiap orang disuruh membacakan hasil penilaiannya, vi3 dinilai Jeffri kek gini:
Kebaikan:
- jujur
- tanggung jawab
- setia kawan
- suka bercanda

Keburukan:
- suka marah

tuh khan sama kek vi3, kebaikannya lebih banyak daripada keburukannya.. padahal seringnya kita tuh gampang banget ya menilai keburukan orang, padahal kita tidak kenal baik dengan dia.. betul???
enak banget gitu lho kita bilang, ah si itu mah emang gitu... atau si itu orangnya kok gitu ya? sebenernya tidak ngerti banget si itu orangnya kek gimana... bener??

Nah abis kami disuruh kasih nilai ke pasangan, giliran kami disuruh menilai diri kami sendiri.. karena vi3 udah rada terbiasa untuk nilai diri sendiri, karena vi3 khan sering banget interview.. dan yang ditanyain khan pasti pertanyaan kek gini... sebenernya yang ditulis Jeffry tadi ada benernya semua tuh... tapi list vi3 lebih panjang dari itu.. apalagi pas nulis keburukan.. weleeh banyak bener dah.. karena emang vi3 perasaan banyak banget buruknya..

tapi inilah vi3 dengan segala kebaikan dan keburukannya.. sambil berusaha menjadi yang terbaik untuk diri sendiri maupun untuk orang laen... betul??

Friday, October 21, 2005

Nyampur Aja Deh

Image hosted by Photobucket.com

"Akhirnya kamu udah gede ya Nad... Bunda mo ucapin met ulang taun ya.. cepet bisa ngomong ya biar bisa ngobrol ama Bunda.. trus bilangin ama mama supaya rajin kasih makan ke nadnad biar badannya gag kurus terus.. eh, itu jangan nyengir terus donk.. ga capek apa?"

Ok deh.. vi3 terusin cerita kemarin ya.. kenapa vi3 sampe terdampar ke Banyuwangi sini... jadi begini... dulu tuh sekitar tahun 1968, papih (alm) ditugasin ama bossnya ke Banyuwangi... dan mulai tahun 1975, papih dipindahtugaskan ke Banyuwangi, so se-keluarga, kecuali Kotie (kakak vi3 yang paling gede) pindah ke Banyuwangi deh... ngikut papih.. waktu itu vi3 masih umur 2 tahun.. masih suka digendong2... begitulah kira-kira.. vi3 tuh "melek"nya pas di Banyuwangi, jadinya vi3 ngerasa Banyuwangi itu kampung halaman vi3.. padahal aslinya mah kudunya Bandung.. nah trus lulus SMP, vi3 nerusin SMA di Bandung, trus 3 tahun di Bandung bistuw nerusin kuliah di Jogja... trus abis lulus dari Jogja, vi3 sempet terdampar ke negara kanguru selama 1 tahun... meski sebentar di sana tapi penuh kenangan... trus tahun 1998 balik lagi ke Bandung, cari-cari kerja, sampai akhirnya tahun 1999 mulai bekerja di UNPAR... sampe tahun 2002... setelah itu pindah lagi ke Banyuwangi.. nemenin mamih di sini.. hihihhhii boong dink.. si mamih mah lebih seneng ga ditemenin karena bisa bebas jalan2 keliling Jawa nengokin cucu... kalo ada vi3 di Banyuwangi, malah mamih kagok perginya, soalnya mamih ga tega ninggalin anak bungsunya sendirian... boong lagi dink.. bukan gag tega sih, tapi karena anak bungsunya ini rada2 bandel jadi kudu diawasin gituh ganti.. apah? udah umur 17 taon (lebih 15 tahun) -hihihihii- masih diawasin? begitulah vi3.. nasib..nasib...
nah alasan sebenernya sih karena vi3 gag betah di Bandung yang super duper macet.. apalagi rumah vi3 di Bandung itu di daerah macet.. Cicadas, bow! loba preman di dinya... yang konon daerah terpadat di dunya... trus tempat kerja di daerah Ciumbuleuit yang ampun ampunan macetnya kalo pas jam kerja... berasa tua di jalan.. mangkanya vi3 dari dulu gag mau disuruh tinggal di Jakarta... igghhhh.. tidaaaaaaaaakkk... nah karena tidak kuat menanggung kemacetan di Bandung, pindahlah si mojang bandung ini ke Banyuwangi tercintah...
jadi udah 3 tahun lebih neh vi3 di Banyuwangi.. dan mungkin akan menjadi warga tetap Banyuwangi karena kalo Tuhan mengijinkan Nda jadi suami vi3, khan brarti vi3 akan tinggal di Banyuwangi.. entah sampe kapan akan di sini, mungkin akan selamanya karena Nda cinta mati ama Banyuwangi dan vi3 juga males pindah2 lagi... Mo mbangun Banyuwangi aja ah.. eh iya jadi inget.. kemarin Bupati Banyuwangi dilantik pada akhirnya.. setelah sekian lama dipending karena banyak pihak yang tidak setuju ama hasil pilkada yang dimenangkan oleh Ibu Ratna itu.. yang masalah agamalah, yang masalah cacat hukumlah.. embohlah, yang penting sekarang Banyuwangi dah ada bupatinya.. titik.. Selamat ya buat Ibu Ratna Ani Lestari.. Hidup the "real" Bupati!!!
so udah gag penasaran khan kenapa vi3 jadi ada di Banyuwangi? *dih GR amat ya.. sapa juga yang penasaran..*

Nats Akhir Pekan:
"Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar." (Lukas 16:10)

Happy Weekend everyone!

Wednesday, October 19, 2005

Family Tree

Beberapa minggu lalu, vi3 dapat lungsuran daptar undangan pernikahan dari kakak vi3.. alamak banyak amat ternyata sodara vi3.. kalo diitung2 ada 400-an gitu sodaranya.. gabungan dari pihak papih dan dari pihak mamih...
Papih vi3 itu asalnya dari Cirebon.. wong cerbonlah.. kalo mamih asalnya dari Bandung... mojang priangan ceunah... Konon kabarnya neh kakeknya papih itu asalnya dari Cina daratan sanah.. begitu juga dengan kakeknya mamih.. tapi antar kakek itu gag saling kenal... nah trus masing-masing nikah ama wanita pribumi *duh paling benci vi3 ama istilah pembedaan pri dan non-pri ini sebenernya.. :D*... trus lahirlah kakek-kakek dan nenek-nenek vi3.. nah nenek vi3 dari pihak papih dan nenek vi3 dari pihak mamih, asalnya dari satu kampung di daerah Ciledug (yang deket Cerbon bukan Ciledug Jakarta)... begitulah.. trus papih ama mamih ini ketemunya di Bandung.. pas itu si papih lagi kerja di Bandung dan patah hati karena kakek dan nenek vi3 gag ngebolehin papih nikahin pacarnya.. coba waktu itu papih jadi ama pacarnya itu, pasti vi3 bakalan gag bisa nulis postingan ini yak..
Keluarga besar papih kebanyakan tinggal di Cirebon, Ciledug ama Losari.. kalo mamih sih kebanyakan di Bandung semua... papih tuh paling sering ngunjungin keluarga besarnya lho.. jadi neh kalo ke Cirebon gitu, pasti si Papih yang mampir ke tempat sodara2nya satu per satu.. atau minimal telplah.. buanyak banget sodaranya papih.. sodara kandungnya aja ada 9 orang.. belum lagi sepupu-sepupunya yang terpencar-pencar... nah si papih itu waktu masih idup pengen banget bikin pohon keluarga atau family tree.. diambil garisnya dari kakek buyut vi3 yang dari Cina itu... papih punya lengkap lho silsilah keluarganya.. hapal gitu.. ini sodara darimana.. itu sodara dari mana.. vi3 mah boro2 dah.. ketemu ama sepupu aja gag setaun sekali.. hihihihi...
tapi karena sekarang si papih udah gag ada, jadi rencana family tree itu tinggal rencana deh.. ya mudah2an aja vi3 bisa ngewujudinnya...
O, ya pasti bingung ya napa vi3 bisa terdampar di Banyuwangi padahal kedua ortu vi3 dari tatar Sunda.. nantikan cerita vi3 selanjutnya... hihihhhiih... *sengaja digantung, biar besok pada maen lagi ke tempat vi3.. hihihihihi*

Tuesday, October 18, 2005

Introducing, Our New Bussiness

Image hosted by Photobucket.com

Setelah tahun lalu berjualan kue tanpa ijin Depkes, sekarang boleh donk nyantumin ijin depkesnya di label... Ternyata ngurus ijin Depkes itu gag sulit.. gampang banget.. ga sampe 2 minggu udah kelar tuh... tanpa birokrasi yang berbelit2.. cuman kasih sample, trus isi formulir, kasih pas poto ama duit duaratus limapuluh rebu.. beres deh.. dapet sertifikat... kemarin ndaptarin kue kering ama cake.. jadi ada 2 nomer depkesnya..
ini bisnis-an mamih sebenernya, tapi vi3 bantuin segi publikasinya.. vi3 bikinin brosur harganya.. marketingnya banyakan.. vi3 juga bantuin.. kemarin Nda nawarin ke kantornya.. mayan dah ada order 28 toples dari kantornya Nda.. trus Usi Magda juga nawarin ke tetangga2nya..
mau liat kue apa aja yang dijuwal? nih liat di bawah...

Image hosted by Photobucket.com

untuk sementara masih kue kering aja dulu.. cakenya ntar2 aja deh.. vi3 mah terus terang gag telaten kalo bikinin kue kering or cake kek gini.. kalo masak sih okelah.. tapi angkat tangan kalo bikin kue2....
Nama Levie itu diambil dari singkatan nama mami ama vi3.. Lennawati dan Yovita.. jadi Levie deh.. hueehehe...
doain aja usaha vi3 ini lancar2 yak...

Saturday, October 15, 2005

Tentang Dia (again?)

Image hosted by Photobucket.com


Cinta datang karena kebersamaan.. Mungkin itu ungkapan yang tepat untuk Dia... Dia dan lelaki kekasihnya sering melakukan kegiatan bersama sebelum mereka jadian.. awalnya tiada ada cinta di antara mereka, hanya murni persahabatan 2 mahasiswa yang saling mendukung dalam kegiatan perkuliahan.. ke perpustakaan bareng, belajar bareng.. di luar kampuspun mereka selalu terlihat bersama.. hanya sekedar makan, nonton atau jalan2 keliling kota... sampai akhirnya Dia dan lelaki itu mulai menyadari ada perasaan berbeda dan mereka menyebutnya cinta.. mereka bukannya tidak mengetahui perbedaan prinsip di antara mereka.. mereka sadar kalau mereka tidak akan pernah bisa bersatu dalam ikatan perkawinan karena masing-masing memegang teguh keyakinan dan keluarga mereka sangat teguh dalam hal yang satu itu.. jadi meskipun pada akhirnya mereka jadian dan pacaran tapi hanya sampai satu waktu dimana mereka harus rela saling melupakan cinta yang ada di antara mereka.. dan waktu itu adalah pada saat wisuda.. Jadi begitu mereka dinyatakan sebagai sarjana, di saat itu juga mereka putus... Konyol? pasti sebagian dari kita akan bilang jika tindakan mereka itu adalah hanya suatu kekonyolan dan kesia-siaan belaka.. hanya buang-buang waktu.. tapi tidak bagi mereka.. mereka sangat menikmati kebersamaan mereka meski mereka tau pada akhirnya mereka harus pisah...
Entah bagaimana perasaan mereka jika waktu itu benar2 datang... siapkah mereka? tidak ada seorangpun yang tau.. merekapun tidak...

Nats Akhir Pekan:
"Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, atau memberi ular, jika ia meminta ikan? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya." (Matius 7:9-11)

huwaaaaaaaaaa.. postingan vi3 hari ini ga nyambung ya antara gambar, isi dan nats-nya.. cuek sajalah.. met wiken semuah!!!

Friday, October 14, 2005

Past Time

...Sudikah kamu persilakan aku
untuk lalui perbatasan hatimu,
Sudikah kamu serahkan cinta,
hanya untukku seorang...
Diriku.. Tiada dua...

(Ronny Sianturi - Sudikah Kamu)

...In Memoriam Enno1 + Enno2 (1993-1996)...


p.s. buat temen2: tengs buanget untuk usulannya.. duh sampe terharu deh ama perhatian temen2... sekali lagi tengs..

Thursday, October 13, 2005

Kenalin.. OP Warnet!


Image hosted by Photobucket.com

Selain ngajar di kampus, vi3 juga punya profesi jadi OP warnet.. tiap hari "ngantor" di Galaxy Cyber Cafe, salah satu warnet yang mencoba bertahan dengan keterbatasan minat user internet di Banyuwangi... Udah ampir 3 tahun vi3 jagain warnet... banyak yang vi3 dapetin lho selama ampir 3 tahun ini.. umpamanya, vi3 jadi melek urusan install menginstall sistem operasi.. meski cuman bisa nginstall windows 98, windows XP ama Mandrake 10, tapi dah lumayan khan daripada ga bisa sama sekali. Trus rada melek dengan photoshop dan kode2 html, meski gag jago2 amat.. kalo yang ini sih karena vi3 kenal ama dunia perblogan.. karena tiap hari berhadapan ama monitor dan daripada nganggur gag karuan, mangkanya vi3 coba2 belajar ngebikin template blog.. pernah juga nyoba ngebangun website punya orang dan kakak vi3.. ya coba2 ajalah.. trus hal lain yang vi3 dapetin selama 3 tahun ini, vi3 jadi kenal ama temen2 maya, termasuk yang lagi baca blog vi3 ini.. jujur selama 3 tahun ini, vi3 lebih banyak berinteraksi dengan temen2 dunia maya.. ketemu dan ngobrol ama temen2 dunia nyata bisa keitung dengan jari... sehari2 ya ngobrolnya ama temen2 maya ajah.. yang lain apa lagi ya? o ya, karena keseringan duduk tiap hari selama ampir 3 tahun. .. akhirnya apa yang vi3 derita sodara2? vi3 kena ambeien.. kalo BAB sering sampe berdarah2.. kesiksa betul dah.. tapi terakhir vi3 minum obat cina, rada lumayan tuh.. dan banyakin minum aer putih dan banyak banyak makan sayur..
tentang warnetnya itu sendiri, konsepnya sebenernya nggabungin warnet ama cafe.. jadi orang yang mo nge-net bisa sambil maem.. bukan makanan berat banget sebangsa nasi seh, tapi untuk ukuran cemilan juga lumayan berat.. sebangsanya sosis kentang goreng, chicken nugget kentang goreng, burger, roti bakar.. gitu deh.. pokoke yang bisa disimpen di freezer... jadi meski gag ada yang beli hari itu, bisa disimpen lagi.. trus selain cafe, warnet juga nyediain fasilitas ada jasa printing, ada rental komputer, copy data, jasa scanning..
Cuman neh.. akhir2 ini warnet lagi rada sepi.. gag tau deh kenapa.. mungkin karena dana untuk basic need meningkat, jadinya dana untuk maen internet jadi berkurang bahkan dipotong kaleee.. jadinya gitu deh, kena imbas gitu... mangkanya vi3 lagi mikir gimana menyiasati keadaan ini.. vi3 udah coba bikin kursus komputer untuk anak2.. sekarang ada 7 murid vi3.. mayanlah..
ada usulan lain gag temen2?

Wednesday, October 12, 2005

Selamat

Buat kamu, selamat ya udah resmi jadi bapak... Thanks to God, karena anak dan istri kamu sehat-sehat... Welcome to the world, Junior...

Tuesday, October 11, 2005

Nyampur2...

Image hosted by Photobucket.com

Hari ini kakak vi3 yang paling tuwa tepat berumur 43 taon... orang sejail didunia... jadi inget pas vi3 masih kecil (sampe vi3 kuliah juga benernya sih) bro vi3 yang satu ini hobi banget mlorotin celana vi3.. apalagi kalo vi3 pas pake celana karetan gituh.. makin demen dah...
oke lah.. pokoke met ultah yak... sukses aja buat Kotie...

Kemarin pagi vi3 dapet berita lelayu.. berita kematian.. bokapnya Yanto, temen kuliah vi3 di UGM meninggal.. emang dah dari dulu kena kanker prostat, sempet dioperasi dan kemarin pas vi3 ke Bandung dan ketemu Yanto, katanya penyakit bokapnya kambuh.. Semoga Yanto diberi ketabahan deh.. tahun ini sepertinya tahun tersulit yang harus dijalanin Yanto.. semoga kuat deh...

udah ah... pareeeeeeennggg...

Monday, October 10, 2005

Tentang Dia

Dia adalah seorang wanita yang sangat memuja kekasihnya... Namun kekasih yang sangat dicintainya itu tidak sepenuhnya mencintai Dia.. kasian Dia... serasa cinta bertepuk sebelah tangan saja... Jauh sebelum lelaki itu menjadi kekasihnya, Dia telah memuja bahkan mencintai lelaki itu dengan segenap hatinya.. Lelaki itu memiliki hati yang lembut yang mudah jatuh iba terhadap orang lain.. Sesungguhnya hati lelaki itu telah terpaut dengan seorang wanita yang tidak pernah dapat diraihnya.. Seorang wanita yang sangat dipuja dan dicintainya... Namun wanita itu bukan Dia.. Dia yang menjadi kekasih lelaki itu hanyalah seorang wanita yang setia mendampingi lelaki itu sejak awal pertemuan mereka hingga mereka menjadi sepasang kekasih.. Sungguh ini tidak adil bagi Dia.. Lelaki itu menjadikan Dia sebagai kekasih hanya karena rasa iba... Tidak heran jika Dia selalu bertanya pada dirinya dan lelaki itu, apa arti keberadaan Dia di mata lelaki itu.. Jika saja lelaki itu punya keberanian lebih untuk mengatakan hal yang sebenarnya bahwa lelaki itu tidak sepenuhnya mencintai Dia karena sosok wanita yang sangat dipujanya masih tersimpan rapi dibenaknya.. Entah sampai kapan sandiwara ini akan berakhir... Hanya Tuhan yang tau...

Saturday, October 08, 2005

Satu - DEWA

aku ini adalah dirimu
cinta ini adalah cintamu

aku ini adalah dirimu
jiwa ini adalah jiwamu
rindu ini adalah rindumu
darah ini adalah darahmu

reff:tak ada yang lain selain dirimu
yang selalu ku puja
ku sebut namamu di setiap hembusan nafasku
ku sebut namamu, ku sebut namamu

dengan tanganmu aku menyentuh
dengan kakimu aku berjalan

dengan matamu aku memandang
dengan telingamu aku mendengar
dengan lidahmu aku bicara
dengan hatimu aku merasa


Nats Akhir Minggu:
"Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu." (Efesus 4:2)

Happy weekend all!! God Bless Us!!

Thursday, October 06, 2005

vi3 vs mahasiswa

ini lanjutan cerita yang kemarin.. kali ini vi3 mo cerita gimana vi3 berinteraksi ama mahasiswa vi3.. terus terang vi3 bukan tergolong dosen killer.. tapi vi3 termasuk dosen yang pelit nilai.. bukan pelit sih, tapi vi3 mencoba obyektif aja.. kalo emang mahasiswanya pinter ya dapet nilai bagus, kalo ngepas ya dapat nilainya ngepas juga.. jadi bukannya kalo ada mahasiswa ganteng atau mahasiswi cantik, vi3 kasih nilai bagus, kalo kurang ganteng dan kurang cantik nilainya jelek.. ya ndak gitu, meski vi3 pernah ngerasain dapet perlakuan seperti itu waktu vi3 masih kuliah dulu.. dan tragisnya vi3 masuk ke golongan nilai jelek.. poor me! huehehehe... *ups* sorry dosen yang vi3 omongin ini udah meninggal.. *punten, pak*
Ngomong2 masalah nilai, vi3 pernah diprotes ama mahasiswa vi3 karena ngasih nilai E ke dia.. lha vi3 mah realistis aja deh, tuh mahasiswa ga pernah masuk kuliah sekalipun dan tugas juga gag pernah ngumpulin... tapi anehnya UTS dan UAS ada nilainya.. mahasiswa siluman toh kalo kek gitu.. ya jelas vi3 langsung kasih E. liad orangnya aja gag pernah masa mo keluar nilai.. dia keukeuh minta nilai karena katanya dia tuh kerja di luar kota.. lha kalo kerja diluar kota ya mbok cuti atau ikutan kelas khusus (kelas Sabtu dan Minggu buat mahasiswa yang kerja). Trus dia ngadu ke om-nya yang bawa masalah ini ke dekan... langsung aja vi3 ngadep ke dekannya dan untunglah dekan ndukung vi3. ya jelaslah pak dekannya ga mau lembaganya namanya rusak karena dosennya gampang kasih nilai..
trus hubungan vi3 ama mahasiswa vi3 bisa dibilang kek temen.. dulu kalo di UNPAR, karena vi3 dosen tetap, jadi tiap hari khan standby di kampus, nah vi3 jadi deket ama mahasiswa.. ruang kerja vi3 sering didatengin mahasiswa.. gag cuman nanyain materi kuliah or diskusi, tapi yang cuman ngobrol aja juga ada.. kadang vi3 ke ruangan himpunan mahasiswa.. ngajakin ngobrol.. ya gitu deh.. hubungannya deket...
sama yang sekarang juga vi3 berusaha deket ama mahasiswa... vi3 tau kuliah yang vi3 pegang itu gag mudah, jadi jangan sampe mereka takut duluan ama dosennya.. ntar berpengaruh ama niad dan minat mereka untuk belajar.. ilfil duluan gitu kalo dosennya gag enakeun.. gituh..
dan karena kuliah vi3 ini banyak ngitungnya jadi vi3 bisa kasih latihan soal di kelas, nah pada saat mereka ngerjakan soal itu, vi3 biasanya keliling kelas, ngeliatin mereka kerja sambil vi3 tanya2 ke satu2 mahasiswa udah ngerti apa yang vi3 sampaikan atau belum, kalo mereka bilang belum, vi3 tanya gag ngertinya dimana, trus vi3 terangin lagi sampe mereka ngerti... soalnya khan kadang2 mahasiswa itu suka segen kalo pas dosen nerangin trus dosennya tanya ada pertanyaan apa tidak, biasanya gag ada yang tanya.. mangkanya vi3 coba pendekatan personal kek gitu.. jadi yang malu bertanya menjadi tidak malu lagi..
ada hal yang bikin idung vi3 kembang kempis.. waktu vi3 dulu keluar dari UNPAR untuk pindah ke Banyuwangi, mahasiswa vi3 banyak yang menyayangkan.. setelah vi3 setahun pindah dan maen ke UNPAR, ama mahasiswa, vi3 disuruh ngajar lagi, karena dosen pengganti mata kuliah vi3 gag enak ngajarnya.. hihiihihii.. bangga juga deh dipercaya ama mahasiswa kek gitu.. trus kemarin pas vi3 ke Bandung, temen sesama dosen ada yang bilang, kalo hand out mata kuliah vi3 banyak dicari mahasiswa, padahal vi3 khan dah ga ngajar lagi di situ, tapi hand out vi3 masih jadi bahan acuan.. hueehehehe...
ada juga hal yang bikin idung vi3 kembang kempis di UNTAG ini, yaitu ada mahasiswa yang udah ambil matakuliah yang vi3 pegang semester ini dan mendapat nilai A, tapi sekarang ngulang lagi matakuliah itu karena sekarang vi3 yang ngajar.. dulu waktu dia dapet A, dosen lain yang ngajar bukan vi3... baru semester ini vi3 ngajar matakuliah itu.. katanya sih soalnya Ibu Yovita yang ngasih kuliah, jadi saya mau ngulang mata kuliah itu meski dulu udah dapet A. Bener-bener mahasiswa teladan... ngulang cuman karena mau cari ilmu..

ya gitu deh cerita2 vi3 ttg kerjaan vi3 sebagai dosen.. besok2 vi3 ceritain kerjaan vi3 sebagai OP warnet yak.. tunggu-in ajah.. sorry kalo postingan yang ini kepanjangan.. heheheehe...

Wednesday, October 05, 2005

Antara 2 Uni

Makasih buat temen2 yang udah kasih usulan ide buat vi3.. ada 2 komentator yang minta vi3 cerita ttg mahasiswa vi3.. ide bagus juga neh.. vi3 pernah sedikit nyentil ulah mahasiswa vi3 di postingan vi3 sebelum2nya.. tapi vi3 lupa postingan yang mana, abis dah banyak banget sih postingan vi3..
Jadi begini... selama ini vi3 udah ngajar di 2 universitas yang berbeda.. yang statusnya jauh berbeda antara satu dengan yang laen.. dari tahun 1999 - 2002 vi3 ngajar di Universitas Katolik Parahyangan, salah satu universitas swasta terkenal di Bandung... dan dari tahun lalu sampai sekarang vi3 ngajar di Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG)... bukan UNTAG Surabaya tapi UNTAG Banyuwangi.. lagi-lagi universitas swasta dan terkenal juga tapi terkenal di sekitar Banyuwangi aja gitu maksudnya.. hueehehehehee...
dari segi finansial, jelas 2 universitas ini beda buanget... yang satu di kota besar dan mahasiswanya tergolong mampu sehingga imbalan ngajar yang vi3 terima berlebihan banget untuk ukuran single dan jarang belanja kek vi3 ini.. dan vi3 waktu itu juga jadi dosen tetap jadi ya emang salary-nya lumayan.. trus yang satunya di kota kecil dan mahasiswanya kebanyakan karyawan dan umumnya membiayai kuliah sendiri dan juga vi3 cuman jadi dosen honorer, jadi imbalan ngajar vi3 cuman cukup buat beli bensin ajah.. kalo jadi dosen tetap ya beda itungannya.. pasti lebih terjaminlah..
dari segi kualitas mahasiswa, 2 universitas ini juga beda... yang satu, inputnya emang udah pilihan.. sedangkan yang satu inputnya ya begitulah.. tapi disitu tantangannya.. gimana membuat mahasiswa vi3 di UNTAG ini bisa bersaing dengan mahasiswa2 lain di universitas yang kualitasnya lebih baik.. dulu, kalo vi3 njelasin materi ke mahasiswa di UNPAR, mereka langsung tanggep dan malah banyak feed back yang vi3 terima dari mereka, kalo sekarang vi3 berusaha sekuat tenaga nerangin materi ke mahasiswa vi3.. vi3 baru puas kalo mereka udah bisa kasih respon buat pertanyaan yang vi3 ajukan..
dari segi ujian, yang satu ujiannya pake sistem multiple choice supaya penilaiannya obyektif (katanya) dan yang satu ujiannya essay... kalo yang pake sistem multiple choice itu sistem pengawasan ujiannya ketat banget.. ketauan nyontek dikit langsung dikeluarin.. kalo di yang essay, sistem pengawasannya longgar banget, masa mahasiswa ujian bisa jalan2.. vi3 cuman sekali nungguin ujian abis gitu kapok, karena vi3 gag rela kalo liat tingkah mereka yang ancur kalo lagi ujian.. daripada sakit hati ngeliat ketidakjujuran, mendingan gag liad sekalian.. nah karena itulah sistem penilaiannya vi3 ubah.. bobot untuk UTS dan UAS lebih kecil dibandingkan ama Tugas-tugas dan absensi.. lah gimana mo kasih nilai kalo hasil ujiannya sama semua.. kasian mahasiswa yang bener2 niad kuliah...

gimana interaksi vi3 ama mahasiswa vi3? akan vi3 bahas di postingan edisi besok ya.. see yaaaaaaaaaaaaaaaaaa.... *ngantuk euy*

Tuesday, October 04, 2005

Postingan gag Penting

Ya elah.. pengennya posting dari tadi pagi.. tapi ga tau apa yang mo diposting.. no idea di otak vi3.. bengong aja ngeliatin kotak postingan.. gampang aja seh kudunya kalo ga punya ide ya gag usah posting.. gitu khan ya.. tapi vi3 gag mau kek gitu.. pengennya posting, bari jeung teu boga ide nulis naon.. kegiatan sehari2 juga gitu2 doang.. bosen atuh nulisnya cuman itu2 aja.. subuh nyusurin pantai, trus mandi trus ke warnet sampe malem, trus pulang trus bobo, trus besokanya bangun subuh lagi, jalan nyusurin pantai lagi, trus pulang trus mandi trus ke warnet lagi sampe malem atau kalo ada jadwal ngajar ya ngajar.. gitu gitu aja terus.. masa iya nulis gitu trus tiap hari? vi3 aja yang nulis bosen apalagi yang baca.. hihihihhihi..
punya usulan gag apa yang temen2 pengen vi3 tulis di sini?

eh iya buat temen2 yang njalanin puasa, semoga sukses sampe akhir Ramadhan yak! SEMANGAD!!!

Monday, October 03, 2005

Dosa apa ini?

vi3 nyobain kirim postingan dari MS Word neh.. kalo ini bisa kebaca berarti ya berhasil deh postingannya.. abis buka web bloggernya susah amat dari sini. Gag tau kenapa leled pisan..
Berita kenaikan BBM seakan tenggelam ditelan bumi, setelah terjadi kejadian pemboman di Bali (again?).. bleh.. satu masalah belum kelar muncul masalah laen...
Dosa apa yang telah diperbuat bangsa yang vi3 cintai ini, Tuhan?

kusadari akhirnya kerapuhan imanku,
telah membawa jiwa dan ragaku
ke dalam dunia yang tak tentu arah

kusadari akhirnya Kau tiada duanya
tempat bermohon beraneka pinta
tempat berlindung dari segala marabahaya

oh Tuhan, mohon ampun
atas dosa dan dosa slama ini,
aku tak menjalankan perintahMu,
tak pedulikan namaMu,
tenggelam melupakan diriMu

oh Tuhan, sempatkanlah
aku bertobat hidup dijalanMu
tuk penuhi kwajibanku,
sebelum tutup usia kembali padaMu

(Akhirnya - Oddie Agam)

Saturday, October 01, 2005

Pusing

Bensin Premium jadi naek juga dah... terus terang vi3 pusing banget neh... kalo kerja ama orang sih gampang, langsung tereak aja minta naek gaji.. lha kalo kek vi3? mo tereak ama sapa? tarif dinaekin? user udah sepi gini mau naekin tarif, tambah ancur deh..
pusing pusing.. pasrah dan berserah aja deh ama Tuhan.. pasti Tuhan kasih jalan buat vi3. dan gag mungkin vi3 dan asisten2 vi3 gag bisa makan hanya gara2 BBM naik...

Nats Akhir Pekan:
"Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu" (1 Petrus 5:7)

Met wiken buat semuanya...

UPDATED
udah mo deked puasa jadi vi3 rubah tampilan.. met nyambut bulan puasa buat temen2 yang akan menjalankannya ya...

Posting pertama di 2017

What!! udah april aja dan tidak ada postingan di tahun 2017... kebangetan dah... banyak cerita selama 2017 ini... campur aduklah... dah ...