Wednesday, September 29, 2004

Mooncake Festival

Kemarin, tgl 28 September atau tanggal 15 bulan 8 menurut penanggalan cina (Peh Gwe Cap Go), ada yang dinamakan sebagai Mooncake Festival.
Pas tanggal itu bulan lagi terang2nya tuh.. lagi fullmoon... semalem bagus banget deh bulannya... bulet dan langitnya lagi gag mendung jadinya bagus banget keliatan bulannya...
Mami masih ngerayain festival ini, kemarin mami sembayang.. trus makan kue bulan atau Kue Tiong Ciu Phia... Legenda awal mula dilaksanakannya Mooncake Festival sendiri memiliki banyak versi... vi3 ambil beberapa versinya dari sini:

Versi Raja Ho Le
Raja Ho Le adalah seorang raja yang tamak dan senang memperkaya diri sendiri. Rakyatnya sangat menderita, apalagi saat sang raja memerintahkan tabib istana agar membuatkan dia obat untuk memperpanjang umur. Ratu Jango sang permaisuri tidak setuju dengan permintaan sang suami, maka dicurilah ramuan obat tersebut kemudian diminumnya. Beberapa saat setelah meminum ramuan tersebut, ratu Jango menghilang dan muncul dalam mimpi seorang suhu. Lewat mimpi tersebut sang ratu mengatakan bahwa dirinya sekarang telah bersemayam di bulan dan menyebut dirinya Dewi Bulan. Sejak saat itu setiap tahun menurut kalendar Cina, masyarakat Cina selalu memperingati perjuangan ratu Jango dalam menyelamatkan masyarakat dari ketamakan Raja Ho Le.

Versi perjuangan prajurit Cina
Kue bulan bermula ketika Cina dibawah penjajahan Mongolia. Pada akhir rejim mereka, pemerintahan sangatlah buruk. Raja hidup berhura-hura, padahal rakyat mereka penuh penderitaan. Saat keadaan ekonomi negara kacau, ada beberapa aktivis menyerukan revolusi. Sebuah revolusi direncanakan. Namum, karena pengawasan yang ketat dari pemerintahan mongolia, pesan dan surat dari para pemberontak tidak mungkin disebarkan. Akhirnya seorang aktivis bernama Chu Yuen-chang, dan deputi seniornya, Liu Po-wen memperkenalkan sejenis makanan yang disebut "kue bulan". Ia mengatakan dengan memakan kue bulan saat festival terang bulan (Chung Chiu festival) akan menjaga mereka dari penyakit dan segera terbebas dari krisis. Liu berpakaian sebagai pendeta Tao membawa dan membagikan kue bulan penduduk-penduduk kota.
Saat Chung Chiu festival tiba, rakyat membuka kue bulan dan mereka menemukan secarik kertas dalam kue, "habisi orang-orang tartar tanggal 15 pada bulan ke delapan". Sebagai hasilnya semua rakyat bangkit berevolusi melawan pemerintahan Mongolia dan mereka berhasil !!!. Sejak saat itu kue bulan menjadi salah satu makanan tradisional saat terang bulan.

Kue bulan sendiri ada 2 macam... yang pertama kue bulan yang warnanya putih dan bentuknya agak besar atau biasanya disusun tumpuk dari kecil sampe besar.. dan yang kedua kue bulan coklat, yang bentuknya kecil (biasanya dikemas dalam kotak)... kue bulan putih masa kadaluarsanya lebih lama daripada yang coklat.. Kue bulan macem2 isinya.. bentuknya juga sekarang macem2 banget... kemasannya juga makin bagus.. dulu waktu vi3 kecil, cuman standar2 aja bentuknya, tapi sekarang bagus banget.. vi3 mah sukanya cuman kue bulan putih yang isi coklat, yang laen gag suka.. vi3 gag suka ama kue bulan coklat.. yang isinya biasanya kacang item dan telor asin..yaiks.. vi3 gag doyan.. gambar di atas itu gambar kue bulan coklat...

No comments:

Post a Comment

Jelang 2006 2022

ampir 16 tahun sejak 2006 2006... duapuluh juni duaribu enam... banyak duka, tapi lebih banyak sukanya... satu untuk selamanya..  lelaki heb...