Thursday, April 19, 2018

Kuliah itu butuh konsistensi

menunggu pagi di stasiun Gubeng
Sejak 2014, vi3 jadi mahasiswa lagi. udah 4 tahun berlalu, teori udah abis di tahun 2016 lalu, tapi sampai detik ini vi3 belum lulus-lulus. Disertasi masih belum ujian proposal, padahal tahapan masih panjang. ada penelitian, ujian kelayakan, ujian tertutup dan terakhir ujian terbuka.
Ya sudahlah dijalani saja.

Waktu teori dulu, vi3 ngekos. 2 kali pindah tempat. pertama di deket kampus, trus yang kedua ngumpul ama temen kuliah yang agak jauh dari kampus. Seminggu sekali ke Surabaya dan stay 3 hari di Surabaya. abis teori ga ngekos lagi. jadi kudu bolak balik Banyuwangi-Surabaya. dan sekarang 2 minggu sekali minimal rutin ke surabaya. berangkat malam dari banyuwangi, nyampe subuh di surabaya, nunggu pagi, trus ke perpustakaan jam 8 pagi. trus di kampus sak bosene.. trus malamnya udah duduk manis di kereta lagi pulang ke banyuwangi. 7 jam perjalanan. tapi karena dinikmati ya enak enak aja. di kereta bisa tidur nyenyak.

kuliah kali ini beda 2 kuliah sebelumnya. serasa agag berat yang sekarang. kuliah S1 dan S2 kemarin berasa main-main aja kuliahnya dan mungkin tenaga dan mata masih muda banget jadi belajar enak aja gitu. sekarang suka capek matanya.. maklum udah kepala 4 mah begitu kali ya. penyakit berasa keluar semua.

semoga segera selesai deh disertasinya.. dinikmati wae prosesnya.. soalnya abis gini ga ada kuliah lagi. udah mentok sekolahnya..


No comments:

Post a Comment

Liburan Natal 2018 - Late Post

Natal tahun 2018 kemarin kumpul di Bandung. Berangkat dari Banyuwangi tanggal 20 malam sama mami dan Nda, mampir jogja dulu jemput Ci Josy, ...