Monday, December 13, 2004

Ke Jember

Kemarin vi3 absen ke gereja soalnya musti pergi ke Jember.. kebaktian di sini khan jam 8 pagi.. sedangkan keretanya jam 1/2 8 pagi jadi ya wes.. absen sek... vi3 pergi ama Esther.. naek kereta 4rebuan... penuh juga keretanya.. vi3 sebangku ama sebuah keluarga.. esther ama ibu dari keluarga itu dan ibu itu menggendong anak perempuannya... vi3 duduk ama anak lelaki dari keluarga itu.. trus bapaknya duduk di bangku sisi kanan... keluarga itu sangat sangat sederhana.. dan begitu ramah.. begitu duduk, mereka tanya ke vi3 mo kemana.. pake bahasa jawa yang sangat halus.. keknya bukan orang Banyuwangi asli, soalnya kalo Banyuwangi asli bahasanya rada kasar, ini bahasa Jawanya halus banget... hmmm.. vi3 trus ngamatin keluarga itu aja sepanjang perjalanan dari Banyuwangi ke Jember.. ya sambil disela-selain bobo juga sih.. abis biasanya khan emang kalo hari Minggu tuh hari wajib bobo buat vi3.. memulihkan tenaga.. tapi bobo vi3 di kereta itu terpotong dengan keinginan besar vi3 melihat tingkah laku keluarga itu... botol susu yang dimilikinya udah gag layak pakai sepertinya.. diisi pake air putih dari bekas botol air mineral yang juga udah kusam... yang bikin vi3 rada kaged juga, ternyata ibu itu membawa mi goreng untuk makan anak perempuannya (kira2 umurnya 1,5 tahun) yang ditaruh di tas kresek.. tas kresek!! bukan tempat bekal.. vi3 miris liatnya.. ketika vi3 ngeliat bapak dari keluarga itu, vi3 melihat kerut2 kelelahan di sana.. dan melihat ada beban penderitaan di mukanya.. umur istrinya vi3 liat jauh di bawah dia.. vi3 ngeliat istrinya keknya lebih muda dari vi3.. tapi begitu pasrah... tampak dari raut wajahnya yang dengan telaten memberi makan anaknya... anaknya yang lelaki, dia belikan nasi pecel dari pedagang asongan yang berseliweran dalam kereta...
ya pokoknya sepanjang perjalanan itu vi3 gag henti2nya berucap syukur ama Tuhan, kalo vi3 dikasih ama Tuhan kehidupan yang cukup.. masih banyak orang di luar sana yang bener2 hidup dalam kesusahan... Thanks to God...
hmmm keretanya sampe di Jember jam 1/2 11-an.. trus langsung ke gereja... khan emang vi3 ke Jember mo ada rapat ama Pemuda gereja di situ... begitu dateng langsung diajakin maem.. ya wes maem deh di warung depan gereja.. dibayarin.. mayan ngirit makan siang.. trus kelar makan, acaranya belum mulai soalnya masih tunggu temen pemuda dari Situbondo yang masih di jalan... rapatnya baru mulai jam 12-an.. ya wes.. pada ngebahas program buat tahun depan.. gag kerasa sampe udah lewat jam 1/2 3 sore.. padahal kereta yang ke Banyuwangi ada jam 1/2 3.. ya udah deh bablas.. kepaksa naek bis, karena rapatnya baru kelar jam 4... mana ujan gede lagi.. ya wes ujan2 nunggu angkot ke terminal.. trus sampe terminal, bisnya ngetem dulu.. nunggu penumpang penuh, baru jam 5-an brangkat deh.. dan kali ini vi3 bobo dengan sukses... capek beneran.. jadi ketiduran dah.. baru selewat Mrawan, vi3 ga bisa bobo lagi.. karena itu bis udah mulai ngawur jalannya.. sopirnya rada ugal2an.. ampir nabrak orang... ngerem ngedadak kalo mo naekin dan nurunin penumpang.. sebel dah.. rada2 sport jantung juga.. tapi untunglah penderitaan vi3 berakhir jam 8 begitu sampe terminal Banyuwangi.. vi3 langsung balik deh...
Nyampe rumah, langsung duduk di depan tivi, nongkrongin ANTV yang nyiarin Penghuni Terakhir Ekstradisi yang mo abis tayangnya minggu depan.. waaaaaaaaa... akhirnya Indri terekstradisi deh.. senengnya hatiku.. hehehehehe.. abis Indri punya pendukung banyak seh.. mana pendukungnya Bupati Klaten lagih.. pasti bisa menang kalo Indri terus ke Grand Final.. ya biarinlah si dokdokpangrewong Juli masuk Grand Final, meski gandeng tapi si Juli pasti sulitlah ngalahin Mahdi ama Johan.. mudah2an Mahdi atau Johan aja yang menang.. horeeeeeeeeeeeeee.....
udah ah... vi3 kebanyakan nulis deh hari ini... tumben.. :D

No comments:

Post a Comment

Posting pertama di 2017

What!! udah april aja dan tidak ada postingan di tahun 2017... kebangetan dah... banyak cerita selama 2017 ini... campur aduklah... dah ...